Rabu, 23 Januari 2019

SMK MUHAMMADIYAH 1 KEPANJEN JADI SMK RUJUKAN TAHUN INI SIAP MEMBINA 10-16 SMK SEKITARNYA

4Narasumber: Drs. Sukoco, M.Pd
SMK Rujukan adalah kebijakan pemerintah melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendirektortuk penat pembinaan SMK itu menbina sekitar 1600 SMK di Indonesia. SMK tersebut di bina untuk menyusun SDP (School Developement Plan). SMK yang berjumlah 1600 buah ini di seleksi lagi untuk mendapatkan SMK–SMK mana yang memiliki berpotensi menjadi SMK rujukan. Setelah lolos seleksi barulah dibina dibiayai atau diberikan bantuan dana untuk proses pengembangan. Kita patut bangga, pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen menjadi salah satu SMK yang terpilih. Pada tahun ini, terdapat sekitar 86 SMK se-Indonesia, 1 diantaranya adalah SMK kita SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Sehingga yang pertama, mendapat bantuan dalam penyusunan SDP, kedua tahun ini sekolah kita mendapatkan bantuan finansial 1 Milyar rupiah. Membahas mengenai penyebutan sekolah rujukan, yang paling tepat bukanlah sekolah rujukan tetapi lebih tepatnya sekolah yang berpotensi menjadi SMK rujukan. Kesimpulannya sekolah yang tepilih tersebut, setiap tahunnya akan mendapatkan bantuan dan biaya pengembanga. Sehingga nanti 5 tahun kedepan yaitu 2019 dapat menjadi SMK rujukan bagi sekolah aliansinya. Maksudnya adalah, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen membina sekitar 10-16 SMK di sekitarnya. Tujuan diadakannya SMK rujukan ini adalah karena SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen ini memiliki potensi yang luar biasa di segala bidang yang dapat dijadikan rujukan bagi sekolah-sekolah lain. Usaha pembinaan SMK yang berpotensi menjadi SMK rujukan nanti menjadi SMK model atau SMK percontohan. Sebagai model untuk pembinaan, model pembelajaran, model pemasaran lulusan, model untuk ujian kompetensi, sertifikasi kompetensi siswanya. Jadi nanti SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen memiliki 10 sampai dengan 16 SMK aliansi. Sekitar 16 itu menginduknya ke SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen juga memberikan pelatihan-pelatihan atau semacam workshop kepada SMK aliansi. Seperti pelatihan dalam kompetensi guru, pelatihan dalam ujian kompetensi siswa,dan lain-lain.
SMK rujukan telah diterapkan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen mulai tahun ini. SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen telah ditetapkan sebagai SMK yang berpotensi menjadi SMK rujukan. SMK rujukan yang ada di kabupaten Malang tahun ini hanya dua SMK, diantaranya yaitu yaitu SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dan SMK Negeri 2 Singosari. Kegiatan ini dilakukan langsung oleh Direktorat PSMK (Pembinaan SMK). Tujuannya membentuk sekolah yang berpotensi menjadi SMK rujukan dengan cara melaksanakan BIMTEK di Jakarta, yang dihadiri langsung oleh Pak Tri Harioto (selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen) dan Pak Sukoco (selaku Waka Kurikulum) sebanyak dua kali. Kemudian diseleksi dan presentasi di Jakarta, diawali presentasi yang disampaikan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (Drs. Tri Harijoto, M.Pd) di Hotel Horizon dan didampingi oleh Drs.Sukoco, M.Pd. Selang waktu satu bulan barulah diumumkan penetapan sekolah mana yang layak dijadikan SMK rujukan. Terdapat enam bidang yang dikembangkan yaitu pembina Pak Tri Harijoto, Ketuanya Pak Sukoco, sekretaris dan bendahara. Terus ada enam seksi pengembangan satu diantaranya adalah pelayanan SMK, jadi SMK itu nanti masing-masing bidang memiliki peran sendiri-sendiri. Salah satu contohnya adalah, ada layanan SMK, ada pengembangan sumber daya, hubungan industri. SMK Muhammadiyah 1 kepanjen memiliki arah dan tujuan yang jelas, selain memberikan kompetensi atau keterampilan pada siswanya, juga memiliki tanggung jawab pada masyarakat di sekitarnya. Nanti SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen memiliki arah membuka kursus, memberikan pelatihan pada masyarakat putus sekolah di didik untuk kursus perbaikan sepeda motor, dan kemudian tahun depan, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen diberi hak atau kewenangan untuk membuka SMK empat tahun. Lulusan-lulusan tahun 2015/2016 itu bisa langsung mendaftar menjadi siswa kelas empat atau kelas XIII (tigabelas) dan kalau di equivalen bisa setara dengan program Diploma 1 (D1), dan fokus kepada pengembangan keterampilan. Siswa yang kelas empat atau siswa kelas tigabelas tidak hanya dari SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen tetapi juga membuka diri dari lulusan-lulusan SMK lain. Sekilas informasi dari kami mengenai SMK Rujukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat postingan artikel yang berhubungan dengan game

         Dampak Buruk Game Online  Sebagian dari kita pasti menyukai atau malah memiliki hobi bermain game online. Pasalnya se...